Daerah  

Kunjungan Kerja Komite III DPD RI di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara

Bombana,Nasionalnews.co.id-Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melaksanakan Kunjungan Kerja dalam rangka Uji Sahih Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, 20-23 Juni 2021.

Pimpinan dan Anggota Komite III DPD RI yang hadir di Kabupaten Bombana, yaitu Evi Apita Maya, S.H., M.Kn, Wakil Ketua Komite III DPD RI (Senator asal Nusa Tenggara Barat), H.M. Fadhil Rahmi, Lc., M.A, Wakil Ketua Komite III DPD RI (Senator asal Aceh), H. Muslim Muhammad Yatim, Lc., M.M (Senator asal Sumatera Barat), M. Sum Indra, S.E., M.Si (Senator asal Provinsi Jambi), dr. Jihan Nurlela (Senator asal Lampung), Ustadz H. Zuhri M. Syazali, Lc., M.A (Senator asal Kepulauan Bangka Belitung), Ir. Bambang Sutrisno, M.M (Senator asal Jawa Tengah), H. Abdi Sumaithi (Senator asal Banten), Hilda Manafe, S.E., M.M (Senator asal Nusa Tenggara Timur), Erlinawati, S.H., M.A.P (Senator asal Kalimantan Barat), Dr. Maya Rumantir, M.A., Ph.D (Senator asal Sulawesi Utara), Ir. H. Iskandar Muda Baharuddin Lopa (Senator asal Sulawesi Barat), Mirati Dewaningsih, S.T (Senator asal Maluku), Helina Murib (Senator asal Papua), Yance Samonsabra, S.H., M.Si (Senator asal Papua Barat) dan saya sendiri sebagai koordinator dalam pelaksanaan kegiatan Uji Sahih RUU Kesejahteraan Sosial di Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Uji Sahih Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan masukan dari berbagai pihak, baik masyarakat maupun akademisi terhadap naskah akademik serta draft RUU yang telah disusun Komite III DPD RI secara mendalam terutama untuk menyempurnakan penormaan aturan dan lebih menjamin efektivitas dan daya afirmasinya.

“Komite III DPD RI ingin menguji sejauh mana substansi dan materi RUU yang telah disusun ini sudah tepat, mampu menutupi beragam kelemahan Undang-Undang yang berlaku saat ini, memiliki jangkauan yang lebih luas dalam menjawab tantangan persoalan kesejahteraan sosial kedepan, serta mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia,ujar Hj.Andi Nirwana Selasa,(22/6/21).di lansir akun medsosnya.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial ini perlu penyesuaian dan harus mampu mengikuti perkembangan zaman dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejumlah norma dalam Undang-Undang tersebut menurut para akademisi dan laporan para praktisi sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman dan tidak lagi mampu menjawab persoalan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Indonesia. Oleh karena itu, Komite III DPD RI sepakat melakukan perubahan terhadap Undang-Undang ini.

Komite III DPD RI akan berupaya dan terus berjuang sesuai kewenangan yang dimiliki agar RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial masuk sebagai Program Legislasi Nasional (Proglegnas) sampai Tahun 2024 dan  dapat segera disahkan dengan cepat.

Sebagai perwakilan masyarakat dan daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, saya berharap dengan adanya perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan sosial yang merupakan RUU inisiatif DPD RI ini dapat meningkatkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan, pemerataan kesempatan kerja, dan jaminan pelayanan kebutuhan dasar bagi masyarakat dapat terpenuhi, baik di sektor kesehatan, pendidikan, dan jaminan sosial, serta tidak ada lagi diskriminasi dan kesenjangan sosial.

“Selain melaksanakan Seminar Uji Sahih, delegasi Komite III DPD RI melakukan peninjauan Pabrik Gula Bombana, Gulata, PT. Prima Alam Gemilang, terkait bidang ketenagakerjaan dan mengunjungi Desa Wisata Laponu-Ponu sebagai bagian dari lingkup tugas Komite III terkait bidang Tenaga Kerja dan Pariwisata. Komite III juga melakukan ramah tamah bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana,”tutup Senator dapil Sultra Andi Nirwana.

#Senator #AnggotaDPDRI #KomiteIII #DPDRI #Kunker #UjiSahih #RUUKesejahteraanSosial #ProvinsiSulawesiTenggara #SulawesiTenggara #Sultra #Indonesia #AndiNirwanaSebbu  #KabupatenBombana #Bombana #KonaweSelatan #KonaweUtara  #ButonUtara #KolakaTimur #KonaweKepulauan #Konawe #Buton #ButonSelatan #ButonTengah #Kolaka #KolakaUtara #Wakatobi #Muna #MunaBarat #Kendari #Baubau

(Red/03)