Berita  

Ajarkan Budidaya Lele, Satgas Yonif 310/KK Undang Warga untuk Mentransfer Ilmu

Keerom ~ Dalam rangka pemberdayaan wilayah di Perbatasan Papua, Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 310/KK Pos Unggalom mengundang masyarakat dan mengajarkan cara budidaya ikan lele dengan memanfaatkan media yang ada di Kampung Unggalom Distrik Web Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (30/8/2023).

Ikan Lele (Clarias gariepinus) merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup popular di masyarakat, selain dagingnya yang enak ikan lele mempunyai protein yang baik untuk tubuh dan sangat ekonomis dengan mempunyai harga yang relatif terjangkau.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal menjelaskan, sebelum mengajarkan ke masyarakat, angotanya sudah melaksanakan pelatihan dan penataran di Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi sebelum berangkat ke tanah Papua.

“Kegiatan tersebut bertujuan agar menginspirasi masyarakat yang ada di perbatasan Papua untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan keluarga,” jelasnya.

Sebelumnya, Danpos (Komandan Pos) Unggalom Sersan Mayor Agus Sopian telah membudidayakan ikan lele dengan memanfaatkan media yang ada di halaman pos.

Dirinya menjelaskan, parit dan kolam buatan seperti kolam yang terbuat dari terpal ukuran 3 X 2,5 meter yang sengaja disiapkan dan dibawa dari Sukabumi Jawa Barat. Danpos pun menambahkan selain memberikan teori cara budidaya ikan lele di media yang terbatas, pihaknya mengajak masyarakat langsung praktik dari mulai cara membuat kolam, pembibitan, pemeliharaan, hingga pemberian pakan.

Danpos mengaku bahagia, karena bisa mengajari dan mengajak masyarakat untuk menanam ikan lele yang hasilnya dapat dinikmati 2 sampai 3,5 bulan kedepan, serta bisa melakukan panen bersama di pos dengan masyarakat perbatasan.

“Kami berharap kedepanya bisa berkontribusi kepada masyarakat tentang budidaya ikan lele dan bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Keerom untuk mensosialisasikan budidaya ikan lele ini kepada masyarakat di perbatasan,” harap Serma Agus.

Disisi lain, salah satu warga yang hadir Gabriel (55) menyampaikan terima kasihnya karena telah di undang dan mendapat ilmu baru. “Banyak-banyak terima kasih kepada Bapak-bapak TNI khususnya Pos Unggalom yang sudah mengajarkan dan berbagi ilmu cara budidaya ikan lele kepada kami,” ucapnya.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.