Daerah  

Brigjen TNI Sudi Prihatin. S.Sos Pimpin Wasrik Current Audit Itjenad di Korem 073/Makutarama

Salatiga, Nasionalnews.co.id – Tim pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) Current audit inspektorat jenderal angkatan darat (Itjenad) melakukan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan di Korem 073/Makutarama. Bertempat di Aula Makorem, Jl. Diponegoro Salatiga. Selasa (28/09/2021).

Tim wasrik yang diketuai oleh Brigjen TNI Sudi Prihatin. S.Sos beserta rombongan disambut langsung oleh Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo S.Sos., M.M., serta para Kasi, Pasi Korem.

Dalam sambutannya, Danrem menyampaikan, saya selaku Komandan Korem 073/Makutarama mengucapkan ”Selamat Datang” kepada Tim pengawas Current Audit Itjenad dalam melaksanakan program kerja dan pengawasan tahunan (PKPT) Itjenad TA 2021.

Semoga pelaksanaaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan ini berjalan dengan tertib dan lancar serta dapat mencapai sasaran yang diharapkan sesuai alokasi dan waktu yang telah ditentukan.
Kehadiran Tim Pengawas dari Itjenad ini, tentunya dapat memberikan banyak manfaat baik pengetahuan maupun pengalaman serta bimbingan sekaligus nilai tambah kepada Korem 073/Makutarama.

Sebagai sebuah organisasi kita dituntut adanya transparansi dan akuntabilitas untuk mewujudkan organisasi yang bersih dan berwibawa sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan pemerintahan yang baik, jujur dan bersih.

Tim Pengawas Current Audit Itjenad ke Korem 073/Makutarama, yang menjadi sasaran obyek pemeriksaan program kerja dan perbendaharaan. Pada hakekatnya adalah bertujuan untuk membantu komando atas di bidang pengawasan dan pemeriksaan program kerja dan anggaran.

“Kegiatan ini merupakan sarana pengendalian dalam suatu organisasi, dimana Itjenad sebagai bagian dari Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang mengemban misi dalam pengelolaan keuangan negara berjalan dengan tertib, sehingga setiap anggaran yang diterima dapat dipertanggungjawabkan secara tepat dan benar”, tegas Danrem.

“Maka setiap Obyek pengawasan dan pemeriksaan harus dapat menyajikan data nyata, memberikan keterangan yang diperlukan serta bersikap terbuka kepada tim pengawas, sehingga Atensi Hasil Pemeriksaan (AHP) yang ada nanti dapat ditindaklanjuti dengan perbaikan pada masing-masing obyek pemeriksaan”,harap Danrem.

Sementara itu ketua Tim Brigjen TNI Sudi Prihatin. S.Sos mengatakan bahwa kehadirannya di Korem 073/Makutarama merupakan perintah dari Itjenad dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan Current Audit terhadap program kerja dan anggaran yang sedang dilaksanakan pada tahun anggaran 2021.

“Secara khusus pada pelaksanaan Current Audit ini bertujuan untuk mengetahui kendala atau masalah yang dihadapi satuan untuk nantinya dicarikan solusinya”,kata Brigjen TNI Sudi Prihatin.

“Wasrik Current Audit sifatnya adalah pendampingan dan konsultasi terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran yang sedang dilaksanakan”, tambahnya.

(bud)