Berita  

Respon Solutif Pangdam III/Siliwangi Pada Kebakaran TPA Sarimukti

Bandung Barat, – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko turun langsung ke lapangan untuk melihat progress pemadaman kebakaran TPA Sarimukti. Selain itu, juga untuk memastikan proses pemadaman dilakukan dengan tepat dan kendala Petugas di lokasi mendapat keputusan dengan cepat.

Kehadiran Pangdam III/Slw di Posko Tanggap Bencana Kodim 0609/Cimahi pada lokasi kebakaran TPA Sarimukti Cipatat Kab. Bandung Barat disambut oleh Danrem 062/TN beserta Dandim 0609/Cimahi, Jumat (1/9/2023).

Pangdam III/Slw pada kesempatan itu memastikan operasional Posko Mobil, Posko Kesehatan, Dapur Lapangan serta Drone Pemetakan. Selanjutnya ke lokasi kebakaran TPA Sarimukti untuk melihat progress pemadaman yang telah dilakukan serta solusi percepatan penanganannya.

Kondisi kebakaran hingga saat ini belum sepenuhnya teratasi dihadapkan cuaca musim kemarau, angin dan jauhnya sumber air. Pada kesempatan itu, Mayjen Erwin memerintahkan Kazidam III/Slw untuk mengerahkan tambahan Excavator, Dozer dan Dump Truk untuk mempercepat proses pemadaman.

Alat berat dari Zidam III/Slw digunakan mengangkut sedimen atau tanah basah dari Sektor 11 Citarum Harum untuk menimbun tumpukan sampah yang terbakar guna mempercepat proses pemadaman.

Kodam III/Slw sejak Sabtu (26/08) telah mengerahkan satuan Kesdam III/Slw, Bekangdam III/Slw, Topdam III/Slw, Brigif 15/Kujang II, Kodim 0609/Cimahi dan Yonarmed 4/PHY untuk membantu pemadaman dan mengatasi dampaknya terhadap masyarakat.

Posko Kesehatan Kesdam III/Slw selama didirikan telah memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis kepada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan seperti Ispa, iritasi mata, sakit kulit dan diare.

Sementara itu Bekangdam III/Slw menggelar Dapur Lapangan (Durlap) untuk mendukung penyiapan logistik bagi para relawan yang menangani kebakaran TPA Sarimukti.

Untuk memetakkan titik sebaran kebakaran secara real time, digunakan Drone dari Topdam III/Slw yang terintegrasi dengan Monitor pada Posko Mobil sehingga petugas lapangan dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Turut hadir mendampingi Pangdam III/Slw, Danrem 062/TN, Asops dan Aster Kasdam III/Slw, Kazidam, Kabekangdam, Kakesdam, Katopdam dan Dandim 0609/Cimahi. (Pendam III/Siliwangi).